Laman

Cari Blog Ini

Rabu, 13 Januari 2010

Sumber daya manusia di Tahun 2010

Pada tahun 2010 yang mulai terbukanya pasar bebas maka kondisi perekonomian bangsa-bangsa berkembang termasuk Indonesia sangat rentan terhadap goncangan fluktuasi harga, karena pengaruh masuknya perdagangan bebas. Demikian juga sumberdaya manusia harus selalu ditingkatkan karena seiring perkembangan ilmu danteknologi, sebagai negara berkembang kita hanya selalu menjadi konsumen teknologi, bukan inovatornya tapi konsumennya.
Hal inilah mengapa pentingnya ilmu Manajemen Sumberdaya manusia selalu dikaji diberbagai bidang / pendekatan seperti politik,ekonomi, hukum, sosio kultural, administratifdan teknologikal.
Pendekatan politik, adalah bagaimana suatu bangsa akan berkembang pola pikirnya didalam mengatur kenegaraannya jika manusianya tidak maju?karena politik akan semakin berkembang jika MSDMnya berkembang. Dalam setiap pola pikir MSDM sangat mempengaruhi politik suatu bangsa, baik itu dalam kemampuan teknis ataupun non teknis , sangat dipengaruhi oleh MSDMnya.
Pendekatan ekonomi juga sangat menitik beratkan pada MSDM, karena MSDM yang berkualitas akan mengahasilkan perekonomian yang bagus dan lancar, efisien.
Perekonomian suatu bangsa dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya; SDA, SDM, teknologi/sarana prasarana, modal. namun SDM sangat berpengaruh karena faktor inilah yang bisa mengubah keadaan dari ada menjadi tak ada atau dari satu menjadi berlipat, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar